by

7 Kesalahan Saat Kamu Cuci Tangan Inilah yang Membuat Kuman Betah Menempel

-Berita-8 views

Cuci Tangan adalah salah satu kebiasaan penting yang wajib kita lakukan sebelum makan maupun setelah melakukan aktifitas yang bersinggungan dengan kuman adalah mencuci tangan. Menurut penelitian, mencuci tangan dengan benar dapat menurunkan resiko penularan infeksi penyakit seperti influenza, diare, hingga hepatitis A sampai 50%.  World Health Organization (WHO) sendiri sebenarnya sudah memberikan langkah-langkah yang benar dalam mencuci tangan, namun sering kita temui saat ini masih banyak yang melakukan kesalahan dalam mencuci tangan. Berikut ini adalah diantaranya :

1. Menggunakan Air Yang Tidak Mengalir

Kesalahan dalam mencuci tangan yang pertama adalah tidak menggunakan air yang menglir untuk mencuci tangan. Walaupun air yang mengalir sebenarnya tidak juga benar-benar bebas dari mikroorganisme dan kuman namun tentu saja tingkat kebersihannya lebih baik ketimbang menggunakan air dalam tampungan seperti bak, ember, gentong, dan sebagainya. Kesalahan ini banyak dilakukan terutama di daerah perdesaan yang masih belum memiliki keran atau wastafel.

2. Tidak Menggunakan Sabun Khusus untuk Mencuci Tangan

Masih banyak kita temui bahkan kebanyakan yang kita temui saat ini adalah orang-orang menggunkan sabun mandi batangan untuk mencuci tangannya. Walaupun kelihatannya bersih, namun penggunaan sabun yang tidak tepat membuat kuman-kuman yang ada di tangan kita kita tidak mati secara menyeluruh. Hal ini karena memang sabun mandi tidak diperuntukkan untuk dijadikan sabun cuci tangan. Oleh karena itu sebaiknya kita menggunakan sabun yang memang dikhususkan untuk mencuci tangan agar pembersihan kuman lebih efektif.

3. Tidak Membersihkan Sela-sela Jari

Menurut WHO cara mencuci tangan yang benar adalah tidak mengabaikan sela-sela jari. Tahap ini banyak dilewatkan oleh orang-orang padahal banyak sekali kuman-kuman yng bersembunyi di sela-sela jari kita dn harus dibersihkan. Untuk membersihkannya kita dapat menggunakan jemari tangan kita yang sebelah untuk menggosok sela-sela jari tangan yang lain. Lakukanlah langkah ini dengan posisi tangan saling menindih satu sama lain.

4. Tidak Membersihkan Ibu Jari

Saat kita membersihkan sela-sela jari masih ada bagian yang masih belum tersentuh yaitu kedua ibu jari. Ibu jari juga merupakan sarang favorit tempat bersembunyinya kuman, maka dari itu kita perlu membersihkannya dengan cara menggosok kedua ibu jari kita. Caranya adalah dengan menggenggam ibu jari dengan telapak tangan yang sebelah lalu digosok secara memutar. Lakukan juga hal yang sama pada ibu jari satunya.

Cuci Tangan Yang Benar

5. Tidak Membersihkan Punggung Tangan

Selama ini saat kita mencuci tangan kita hanya fokus membersihkan telapak tangan dan lupa bahwa punggung tangan juga perlu untuk dibersihkan. Untuk membersihkannya kita bisa menggunakan telapak tangan kiri untuk membersihkan punggung tangan kanan dan sebaliknya. Sebaiknya ulangi beberapa kali agar kuman benar-benar hilang.

6. Tidak Membersihkan Kuku-kuku

Bagian lain yang menjadi sarang banyak kuman adalah bagian bawah kuku, apalagi bagi yang memiliki kuku yang panjang tentu butuh pembersihan ekstra untuk menghilangkan kuman di bagian tersebut. Biasanya kita kurang telaten dalam hal membersihkan kuku dan ini membuat resiko diri kita terpapar kuman dan penyakit. Untuk membersihkan kuku sendiri dapat kita lakukan dengan jari-jari lalu menguncupkan ujung-ujung jari sampai bertemu lalu bilas dengan air bersih yang mengalir. Lakukan selama 15-30 detik.

7. Menggunakan Lap Tangan yang Tidak Higienis

Sering kita temui terutama di rumah makan mereka menggunakan lap tangan yang juga dipakai oleh banyak orang. Hal ini tentu saja kurang higienis. Usahakan kita menggunakan lap tangan sekali pakai atau bisa juga dengan hand dryer agar lebih terjamin kebersihannya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed