by

Waspadai Gejala Alergi Pada Anak

-Berita-6 views

Gejala Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap benda tertentu, yang seharusnya tidak menimbulkan reaksi di tubuh orang lain. Reaksi tersebut dapat muncul dalam bentuk pilek, ruam kulit yang gatal, atau bahkan sesak napas.

Benda yang dapat memicu respons alergi dikenal dengan istilah alergen. Pada kebanyakan orang, alergen tidak menimbulkan reaksi pada tubuh. Namun, pada orang yang memiliki alergi terhadap alergen tersebut, sistem imun akan mengeluarkan reaksi karena dianggap berbahaya bagi tubuh.

Reaksi alergi yang muncul pada tiap orang berbeda-beda, dari reaksi yang ringan seperti bersin-bersin hingga reaksi yang berat, yaitu anafilaksis. Reaksi alergi yang muncul juga tergantung dari jenis alergennya

gejala alergi pada anak

Alergi umumnya terjadi pada anak-anak dan biasanya akan mereda seiring bertambahnya usia. Namun pada beberapa orang, alergi yang diderita masih muncul meskipun sudah memasuki usia dewasa.

Penyebab Alergi

Alergi disebabkan oleh reaksi sistem imun terhadap alergen yang berbeda-beda pada tiap orang. Beberapa contoh alergen adalah debu, kulit mati hewan peliharaan, kacang, gigitan serangga, obat-obatan, dan bahan lateks.

Gejala Alergi

Gejala alergi pada tiap orang berbeda, bisa ringan atau berat. Gejala bisa berupa bersin-bersin, hidung berair, mata memerah dan gatal,  ruam kulit  yang terasa gatal, hingga sesak napas.

Diagnosis Alergi

Untuk mendiagnosis alergi dan penyebabnya, dokter akan menanyakan gejala yang muncul dan aktivitas yang dilakukan sebelum munculnya gejala tersebut, serta melakukan pemeriksaan fisik. Dokter juga dapat melakukan  tes alergi  pada kulit serta tes darah pada penderita untuk membuktikan terjadinya reaksi alergi.

Pengobatan dan Pencegahan Alergi

Jika pemicu alergi sudah diketahui, penderita dapat menghindari kontak dengan alergen untuk mencegah terjadinya reaksi alergi. Untuk meredakan gejala alergi yang muncul, dokter dapat memberikan obat antialergi, seperti  antihistamin  dan  kortikosteroid. Penderita yang mengalami reaksi alergi yang berat perlu segera ke IGD rumah sakit terdekat untuk diberikan suntik  epinephrine  oleh dokter.

Gejala reaksi alergi biasanya muncul beberapa menit setelah kontak dengan alergen. Gejala ini juga dapat berkembang secara bertahap dalam beberapa jam.

Gejala alergi yang muncul tergantung kepada jenis alergen dan bagaimana Anda melakukan kontak dengan alergen. Meskipun demikian, terdapat beberapa gejala alergi yang umumnya muncul pada penderitanya, seperti:

  • Bersin-bersin, hidung gatal, berair dan tersumbat.
  • Kulit memerah dan gatal.
  • Kulit kering dan pecah-pecah.
  • Mata memerah, gatal, dan berair.
  • Pembengkakan pada bibir, lidah dan kelopak mata.
  • Sakit perut, muntah, dan diare.
  • Batuk, bengek, dan sesak napas.

Gejala alergi yang muncul tergantung kepada faktor pemicunya. Agar lebih jelas, rinciannya dapat dilihat di bawah ini:

Alergi karena gigitan atau sengatan serangga
Selain pembengkakan pada bagian yang digigit,  gigitan serangga  dapat menyebabkan munculnya gatal-gatal di seluruh tubuh, batuk-batuk, rasa penuh di bagian dada, sesak napas, serta reaksi alergi parah ( anafilaksis ).

Alergi karena partikel di udara
Alergi terhadap substansi di udara seperti debu, serbuk sari, atau tungau, biasanya akan ditandai dengan bersin-bersin. Gejala tersebut dapat berkembang menjadi hidung berair, tersumbat, hingga sesak napas.

Alergi akibat makanan
Alergi makanan  dapat menyebabkan rasa gatal di dalam mulut yang diikuti pembengkakan pada bibir, lidah, mata, tenggorokan, atau wajah. Selain itu, alergi ini juga dapat mengakibatkan ruam merah di kulit, mual, sakit perut, dan diare.

Alergi akibat obat
Selain serangga, makanan, atau partikel dari udara, obat juga dapat mengakibatkan reaksi alergi. Gejalanya dapat berupa gatal-gatal pada kulit, ruam, pembengkakan pada wajah, sesak napas, serta anafilaksis.

Kapan Harus Ke Dokter

Alergi dapat menyebabkan reaksi yang parah dan berakibat fatal, yaitu anafilaksis. Reaksi ini umumnya akan terjadi pada seluruh tubuh dan menyebar dengan sangat cepat. Gejala-gejala anafilaksis antara lain:

  • Pusing
  • Jantung berdebar
  • Sesak napas
  • Kulit dan bibir berwarna biru
  • Penurunan kesadaran

Reaksi anafilaksis juga dapat menurunkan tekanan darah dan merupakan kondisi gawat darurat. Oleh karena itu, jika muncul gejala tersebut segera ke IGD rumah sakit terdekat agar segera mendapatkan pertolongan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed